Saturday 26 February 2011

Info Pulsa Elektrik: Kyocera Echo, Android Berlayar Ganda Pertama di Dunia

Mungkin kurang populer di Indonesia, namun setidaknya Kyocera telah mendapat gelar sebagai pelopor ponsel Android dual layar sentuh pertama di dunia melalui ponselnya yang bernama Kyocera Echo.
Handset buatan pabrikan Jepang tersebut dirilis pertama kali, Senin (7/2/2011) dengan di-bundling layanan CDMA Sprint di AS. Kyocera Echo menjalankan Android 2.2 Froyo dan dilengkapi dengan dua layar sentuh 3.5 inci beresolusi WVGA. Kedua layarnya dapat beroperasi sendiri-sendiri atau dapat digabungkan menjadi satu sehingga ukurannya menjadi 4.7 inci secara diagonal.

Contoh penggunaan layar bersamaan misalnya menggunakan salah satu layar untuk membaca email atau akses internet, sementara layar lainnya untuk menampilkan keyboard virtual. Atau bermain game di salah satu layar dan layar lainnya menampilkan menu navigasinya. Bisa juga menampilkan peta di kedua layar dalam satu tampilan.

Model seperti ini sebelumnya diperkenalkan di laptop oleh Toshiba dengan merilis Libretto. Acer pun akan meluncurkan model notebook yang sama tahun ini. Namun, untuk smartphone, Echo dari Kyocera mungkin yang pertama.

Sayangnya Kyocera Echo bukanlah merupakan ponsel pintar dengan konektifitas WiMax 4G. Sprint akan menyediakan ponsel ini dalam beberapa bulan kedepan dan akan dilepas dengan harga $199.99 dengan kontrak.

Spesifikasi Kyocera Echo:
* Kemampuan Wi-Fi hotspot  
* kamera autofokus 5MP dengan perekam video 720p
* 512MB RAM
* Prosesor Snapdragon 1GHz (QSD 8650 Android)
* Media player dengan 3.5 mm stereo headset jack
* 1 gigabyte (GB) onboard memori dan MicroSD Slot
* Kartu microSD 8GB dalam kemasan
* baterai 1370 mAh
* Dimensi: 115.0 x 56.5 x 17.2mm, 193 gram